web stats
Berdikari

Mengubah Sudut Pandang Hidup di Masa Pandemi

Menurut Viktor Frankl, dengan menemukan makna hidup maka kita akan lebih berdaya dan Bahagia

Salam Damai, Penulis adalah seorang pemuda dengan Cerebral Palsy (cidera otak) yang terus mencari makna kehidupan di setiap kejadian. Penulis percaya bahwa hal positif selalu ada ditengah situasi yang negatif. Kata positif tak pernah ada ketika kata negatif tak pernah ada, cahaya tak pernah ada jika tak ada kegelapan.

Halo teman-teman teman-teman semua, apa kabar? Perkenalkan aku adalah satu dari tujuh miliar manusia yang ada di dunia fana ini. Saat sedang menulis ini, hampir seluruh umat di dunia sedang menghadapi tantangan kehidupan yang tak pernah pernah terpikirkan sebelumnya.

Dunia digemparkan oleh makhluk yang super kecil tak kasat mata, membuat umat manusia kocar-kacir dan merespon dengan kecemasan yang berlebihan sehingga keberfungsiannya sebagai manusia menurun drastis.

Teman-teman mungkin sudah banyak membaca terkait kiat-kiat untuk menghadapi makhluk super kecil ini agar dapat berfungsi dengan baik sebagai manusia. Sebagai bagian dari miliaran umat manusia, aku ingin berbagi pengalaman bagaimana melihat situasi ini dari kaca mata yang berbeda:

Meneliti hakikat tiap perkara

Kita tidak bisa mengendalikan sesuatu yang ada luar diri kita teman-teman,  namun kita bisa memilih bagaimana kita merespon terhadap situasi apa pun. Contoh: kita bisa saja merespon sang makhluk super kecil ini dengan ujaran kebencian terhadap kelompok tertentu, marah karena kehilangan pekerjaan, usaha kecil yang berantakan
dan lain sebagainya.

Pernahkah anda bertanya kepada diri sendiri, mengapa saya merasakan hal demikian? Kita bisa saja memilih respon dengan melihat sisi yang lain bahwa polusi udara menjadi menurun, meningkatnya kebersamaan dengan orang yang kita sayangi. Jadi bagaimana kita memilih respon terhadap situasilah yang menjadi esensi suatu perkara.

Baca juga:   Menelisik Tekanan Mental Para Tenaga Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19

Semua pasti akan berlalu

Menghayati bahwa fenomena makhluk super kecil ini mengajak kita semua untuk kembali menilik watak sejati kita yang paling dalam yaitu berbagi kasih sesama manusia, memilih untuk tidak menyerah dan optimis bahwa apapun yang terjadi di dunia ini tak ada yang kekal, perubahan terjadi setiap detiknya bahkan pada saat tulisan ini sedang dibuat dengan gerakan jari-jemari yang kaku ini, menekan satu demi satu huruf sehingga membentuk sebuah kata. Maka dapat dikatakan yang kekal abadi ialah perubahan itu sendiri.

Menemukan makna hidup ditengah situasi krisis

Menurut Viktor Frankl, dengan menemukan makna hidup maka kita akan lebih berdaya dan Bahagia, maka dari itu aku mengajak teman-teman semua untuk memaknai situasi apapun dalam hidup mu secara positif sehingga engkau akan lebih berdaya dan lebih Bahagia. Menurutku makna hidup itu ada sangat dekat dalam diri kita, ketika kita benar-benar dengan tulus menilik fitrah kita sebagai manusia, laksana lengkap di dalam diri.

Editor:
Muhammad Faisal

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button