Mengenal Diri

Meditasi simple menangkal kecemasan

Kembalikeakar.com – Kenangan pahit, pasti manusia merasakan kenangan pahit. Bukan hanya kenangan namun informasi yang terepetisi juga dapat menjadi bagian dari ingatan jangka panjang kita. Efek dari ingatan itu mengasosiasikan kita pada rasa sakit dan cemas yang pernah kita alami. ingin rasanya mehilangkan ingatan pahit itu. Sialnya, semakin kita berusaha untuk menghilangkanya, tidak ingin mengingatnya, semakin kuat kenangan tersebut teringat.

Mustahil bagi kita untuk menghilangkan fikiran atau ingatan kita, namun dengan mempratikan meditasi simple akan membantu kita menjernihkan fikiran dari distraksi kecemasan atau ingatan.

Penelitian mengungkapkna bahwa meditasi singkat selama 10 menit dapat meningkatkan gelombang alfa otak yang dapat membuat kita lebih rilex dan dapat mengurangi depresi dan kecemasan.

Berikut teknik meditasi simple yang dapat digunakan ketika kita cemas.

  • Ambil nafas yang dalam (Tarik nafas dan buang) nikmati setiap nafas yang kita hirup dan buang
  • Amati satu fikiran yang membuat kita cemas tanpa ada tanggapan lainya (fikiran lain yang menabrak)
  • Mengakui suatu fikiran, hal tersebut dapat menurnukan ketegangan
  • identifikasi satu sumber fikiran yang membuat kita cemas
  • lalu, lawan fikiran cemas dan tidak rasional itu dengan fikiran yang rasional

Jalani 3 tahap awal meditasi dahulu, apabila tidak sangup menjalani kelimanya. Inti dari meditasi ini untuk menjernihkan fikiran dan mengatur kecemasan-kecemasan yang menyerang secara tiba-tiba.

Lawanlah kecemasan dengan prinsip positif psychology, yang berfokus untuk membangun kehidupan yang bermakna dengan berfokus tentang bagaimana ktia bisa lebih bahagia, dan lebih bermanfaat.

Referensi:
What is Anxiety
What is Meditation

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button