web stats
Mengenal Diri

Adiksi Pada Kecemasan Karena Virus Corona

Hiasi karantina ini dengan mempelajari hal baru

Berita harian mengenai kenaikan jumlah orang yang positif corona seolah-olah membuat dinding karantina di rumah semakin tinggi. Dinding tinggi tersebut membuat kita terus menerus terjerumus dalam jurang kecemasan, sehingga perlahan-lahan rasa cemas itu mengendalikan kita.

Rasa cemas merupakan hal yang alami pada manusia. Kecemasan dapat membuat seseorang menghindari bahaya dengan membuat pilihan yang tepat. Namun, rasa cemas dapat menganggu kehidupan sehari-hari karena kesadaran dan emosi yang tertuju pada imaji kecemasan.

Kesulitan dalam berkonsentrasi, kelelahan, jam tidur yang tidak teratur terjadi pada orang yang perhatianya terebut oleh kecemasan. Perhatian tersebut berubah menjadi adiksi pada kecemasan, sehingga dapat merusak gaya hidup.

Rasa cemas lumrah kita alami ditengah-tengah pageblug ini. Namun jangan sampai rasa cemas menguasai kita sehingga menghasilkan gaya hidup yang merugikan diri kita sendiri. Cara sederhana untuk mengalihkan adiksi pada kecemasan adalah dengan memulai kebiasaan baik pada gaya hidup kita. Kebiasaan berolahraga, mengulik hobi, tidur yang cukup, dapat mengatur rasa cemas pada diri kita.

Teman-teman, yuk kita buat kebiasaan atau pola baik pada masa karantina ini. Kita hiasi karantina ini dengan mempelajari hal baru, memasak, membaca, berolahraga dan melakukan hal yang positif lainnya.

Kontributor Tulisan:
Gozie

Editor:
Muhammad Faisal

Source:
https://www.psychologytoday.com/intl/basics/anxiety

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button