web stats
Berdikari

Mendadak jadi Chef! selama masa isolasi Covid-19 di rumah

Berbicara mengenai masak-memasak, Indonesia ini adalah surganya kuliner

Selama masa home isolation ini, tidak dapat dipungkiri tumbuh rasa jenuh dan bosan. Namun masyarkat Indonesia tidak kehabisan akal untuk mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan seru yang dapat mengusir rasa bosan. Salah satunya melalui kegiatan memasak.

Mau memasak sendiri atau bersama keluarga rasanya sama-sama seru. Di sosial media, kita bisa melihat sendiri betapa banyak orang yang berhasil memasak dan mengunggahnya ke media sosial.

Dan hasilnya pun sungguh luar biasa. Hidangan-hindangan yang netizen unggah sungguh sangat menggoda selera, sudah selayaknya seorang chef ternama. Uniknya lagi, beberapa diantara netizen melakukan percobaan pertamanya dalam memasak.

Dari berbagai unggahan masakan di sosial media ternyata banyak juga yang mencoba resep-resep nusantara. Seperti salah satunya adalah Mimi @silmizafira salah satu karyawan Jakarta yang menjalani wfh (work from home) mencoba memasak ayam pop untuk pertama kalinya.

“Gue tuh lagi kepengan aja makan ayam pop, Cuma kan gak bisa beli keluar yaudah akhirnya bikin deh. Ternyata seru juga masak masakan tradisional. Serunya tuh karena banyak bumbu-bumbunya, jadinya gue bisa sekalian belajar juga mengenal nama rempah-rempahnya, kaya oh ini yang namanya cengkeh… dan senang banget juga masakannya enak dan habis padahal gue masaknya 8 potong.”

Mimi @silmizafira mengaku setelah berhasil memasak ayam pop, ia sudah merencakan akan membuat makanan tradisional lainnya yang juga sedang ramai dibuat oleh netizen, yakni pie susu Bali.

Selanjutnya ada beberapa tip variasi menu masakan nusantara yang bisa kalian coba dari Vira @virasc. Ia alumni sekolah perhotelan yang sudah berpengalaman menjadi chef di beberapa hotel ternama di Jakarta. Vira membagikan pendapatnya pada kami.

“Sebenarnya masakan Indonesia itu banyak dan sehat-sehat. Jadi cocok banget dimasak dimasa-masa kaya gini (covid-19). Kalian bisa coba cah kangkung, Sayur Sop, dan Pecel sayur bumbu kacang. Itu semuanya sangat simpel dan mengandung sayuran yang bermanfaat untuk imun tubuh. Kalo mau agak banyak bumbunya kalian bisa coba opor ayam dan rendang. Rendang juga bisa dimasak dengan rice cooker tinggal masukin bumbunya aja terus tungguin deh. Gampang kan?”

Berbicara mengenai masak-memasak, Indonesia ini adalah surganya kuliner. Masakan-masakan khas dari Indonesia bukan saja nikmat dan lezat secara rasanya, tetapi juga kaya akan nilai sejarah dan budaya.

Baca juga:   Kisah Seorang Petinju dari Kamp Pengungsi

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing yang kaya akan cita rasa. Di Jawa Tengah misalnya, masakannya dicirikan dengan rasa manis, sedangkan Minahasa kuat dengan rasa pedas, lalu di Indonesia bagian timur tidak menggunakan bumbu terlalu banyak, berbeda dengan Sumatera yang menggunakan banyak variasi bumbu untuk masakannya,

Di Solo pengaruh belanda begitu kuat pada makanannya, sementara di pedalaman kalimantan masakannya sama sekali tidak terpengaruhi budaya luar.

Memasak masakan Indonesia saat mengisi waktu home isolation untuk mengusir kebosanan adalah langkah yang tepat.

Melalui aktivitas tunggal, yaitu memasak banyak manfaat yang bisa kita dapat. Seperti manfaat psikologi, yaitu keasyikan dan keseruan memasak membuat individu merasa senang.

Mengulik resep bersama orangtua menjadi media bonding keluarga, mendapatkan manfaat kesehatan yang bisa didapat dari makanan, dan menambah pengetahuan serta cinta tanah air. Jadi bagaimana teman-teman sudah terpikir untuk memasak masakan indonesia apa?

Penulis Kontributor:
Irfandi (@Irfandia)

Editor:
Muhammad Faisal

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button